Bupati Asahan Resmikan Musholla Pujakesuma

Bupati Asahan Resmikan Musholla Pujakesuma

topmetro.news Bupati Asahan, H Surya BSc meresmikan Musholla Pujakesuma Asahan yang berlokasi di Joglo Pujakesuma Kisaran, pada Senin (4/10/2021).

Tampak hadir Bupati Asahan, Kapolres Asahan, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Paguyuban Keluarga Besar (DPD PKB) Pujakesemua Asahan, Ketua DPD Wanita PKB Pujakesuma Asahan, ketua etnis dan undangan lainnya.

Ketua DPD PKB Pujakesuma Asahan, Rianto SH mengatakan peresmian musholla ini dapat terlaksana berkat kerjasama dari semua pengurus Pujakesuma Asahan.

“Kegiatan ini juga sebagai temu kagen antara seluruh ketua etnis yang ada di Asahan. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya seluruh etnis dipertemukan di Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) yang diselenggarakan 2 tahun sekali. Tetapi saat ini tidak dapat dilaksanakan karena pandemi covid-19 yang sedang melanda,” kata Rianto.

Sebelum memberikan kata sambutan, Bupati Asahan yang datang bersama Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, Ketua DPD Wanita PKB Pujakesuma, Hj Titiek Sugiharti Surya, Ketua DPD PKB Pujakesuma terlebih dahulu memberikan santunan kepada anak yatim,  bingkisan sembako dari Pembina Pujakesuma yakni Komjen Pol Agus Andrianto serta penyerahan sertifikat terima kasih kepada donatur pembangunan musholla.

Sambut Baik

Bupati Asahan mengatakan atas nama Pemkab Asahan menyambut baik pembangunan musholla ini. Yang merupakan baagian dari bentuk penyesuaian visi dan misi Pemkab Asahan mewujudkan Asahan sejahtera, religius dan berkarakter.

Ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan dan dipedomani dalam pengelolaan musholla. Yaitu, membina dan memelihara musholla sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam. Memelihara dan memperhatikan kehormatan musholla sebagai lambang kesatuan umat serta mengoptimalkan fungsi musholla sebagai tempat dakwah dan syiar Islam yang menimbulkan simpati, kedamaian dan ketenteraman bagi lingkungan sekitarnya.

Bupati Asahan menyampaikan harapannya kepada seluruh etnis yang ada pada Asahan untuk terus melestarikan seni dan budaya yang ada. Sehingga nilai-nilai seni budaya tidak tergerus dengan seni budaya asing.

Untuk melestarikan seni dan budaya setiap etnis, Pemkab Asahan memiliki program PSBD yang berlangsung 2 tahun sekali. Program ini  bertujuan untuk memperkenalkan seni budaya masing-masing etnis kepada masyarakat. Tetapi saat ini program tersebut tidak dapat berlangung karena pandemi covid-19. Mari kita bersama-sama berdoa agar pandemi covid-19 ini hilang, sehingga pelaksanaan PSBD dapat kita selenggarakan kembali.

Bupati Asahan dan Ketua DPD PKB Pujakesuma Asahan menandatangani prasasti dan acara pemotongan pita musholla oleh Ketua DPD Wanita Pujakesuma.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment